BPR BKK Jawa Tengah

Laporan Bulanan BPR BKK - BKK Jawa Tengah

BPR BKK Jawa Tengah

Laporan Bulanan BPR BKK - BKK Jawa Tengah

BPR BKK Mandiraja Raih Kinerja Terbaik Se-Jateng

31 Desember 2014       Herudin Saifuloh       0 Komentar

Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, meraih penghargaan sebagai BPR dengan kinerja terbaik se-Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan dalam upacara Hari Jadi Provinsi Jateng ke 64. Selain PD BPR BKK Mandiraja, posisi nomor dua terbaik diraih PD BPR BKK Purbalingga. Disusul PD BPR BKK Purwodadi, PD BPR BKK Purwokerto, dan PD BPR BKK Lasem."Penetapan nominatif PD BPR BKK terbaik didasarkan pada penilaian atas empat kriteria yaitu kesesuaian dengan tujuan pendirian PD BPR BKK, tingkat kesehatan bank, kemanfaatan dan ketaatan, serta penilaian hasil audit," kata Dirut BPR BKK Mandiraja Banjarnegara, Sri Hayati.

Dikatakannya, tim penilai merupakan gabungan dari Pembina PD BPR BKK, akademisi dan praktisi bidang keuangan dan perbankan. Mekanisme penilaiannya cukup jelas, mulai dari melakukan input data PD BPR BKK se-Jawa Tengah ke dalam indikator-indikator.

"Setelah seluruh data terinput, tim melakukan validasi data dan melakukan penilaian serta penetapan ranking PD BPR BKK dari nilai tertinggi hingga terendah," ujarnya. Kriteria tingkat kesehatan tanpa manajemen mempunyai kontribusi paling besar yaitu 50 persen, dari semua kriteria penilaian. Sebab sebuah BPR BKK dapat beroperasi dengan baik bila dapat memberikan mediasi permodalan kepada UMKM dan menghasilkan laba yang tinggi. "Jadi kondisi bank harus sehat," imbuhnya.

Menurut Sri Haryati, BPR BKK dibentuk untuk membantu serta mendorong perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang. BPR BKK juga berkewajiban meningkatkan taraf hidup rakyat dan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

"Sebagai BUMD yang beroperasi di bidang perbankan selain harus mengikuti regulasi Perda, juga harus memenuhi ketentuan dari Bank Indonesia. Bisa dikatakan BPR BKK di Jateng merupakan industri yang penuh aturan mengikat," tuturnya.


Share :